Ini dia fitur yang akan anda dapatkan di OS nougat di Galaxy S7

Ini dia fitur yang akan anda dapatkan di OS nougat di Galaxy S7


AGEN SABUNG AYAM TERPERCAYA - Samsung saat ini diketahui tengah menguji pembaharuan Android Nougat untuk Galaxy S7 dan S7 Edge melalui program beta. Melalui program tersebut, para peserta dapat mencicipi sendiri beragam fitur yang disuguhkan dan memberikan masukan untuk perbaikan bug yang ditemui sebelum meluncurkan versi final untuk seluruh pengguna di tingkat global.

Sambil menunggu perangkat Anda mendapatkan update, tentu tak ada salahnya untuk mengintip terlebih dulu dari sepuluh fitur baru Android Nougat yang akan hadir di duo Galaxy S7 series itu, begitu proses update yang dijanjikan resmi menyambangi perangkat Anda.

1. Antarmuka dirombak menjadi putih cerah

Antarmuka Android Nougat yang digulirkan untuk perangkat flagship Samsung ini kini berubah menjadi lebih cerah dengan warna dasar putih yang dipercantik dengan bentuk huruf yang lebih ringkas serta kilau aksen biru yang lebih lembut. Samsung terlihat melakukan pembenahan besar-besaran tampilan antarmuka yang diusungnya dengan menghadirkan update Nougat ini.

2. Bilah notifikasi kini tampil segar dan lebih lengkap

Bilah notifikasi (notification bar) milik Galaxy S7 dan S7 Edge kini berjalan seperti layaknya bilah notifikasi bawaan Android Nougat. Samsung mengadakan beberapa penyesuaian pada area 'quick setting' di bilah notifikasi yang meliputi opsi untuk mengubah posisi 'toggle setting' serta mengatur grid layout mulai dari 3x3, 4x3 hingga 5x3.

Pengguna kini juga bisa melihat berbagai macam perangkat seperti speaker, headset dan lain-lain yang saat ini sedang terhubung via Bluetooth, NFC atau Wi-Fi Direct yang tersemat di perangkat S7 atau S7 Edge di area quick connect yang telah terintegrasi dengan bilah notifikasi.  

3. Aktifkan sleep mode untuk aplikasi

Pengguna kini dapat lebih leluasa mengatur aplikasi di perangkatnya dengan penambahan opsi sleep mode. Caranya cukup dengan menekan aplikasi beberapa saat dan memilih put to sleep untuk mengaktifkannya. Begitu sleep mode aktif, aplikasi tersebut tidak akan berjalan di background dan hanya akan dapat berjalan jika Anda membukanya secara manual.

Penambahan sleep mode ini tentu dapat menghemat pemakaian data perangkat dengan memilah milih aplikasi mana saja yang boleh dan tidak boleh menggunakan data saat perangkat sedang terhubung ke jaringan data milik operator. Begitu Anda berada di area dengan lokasi Wi-Fi, maka Anda tinggal menonaktifkan sleep mode yang ada sehingga aplikasi tersebut dapat menerima kembali pesan-pesan baru yang masuk.

4. Multiwindow kini mendukung lebih banyak aplikasi

Fitur multiwindow pada kedua perangkat flagship milik Samsung ini kini mengalami perubahan besar dikarenakan datangnya update Nougat yang kini menjadikan fitur ini sebagai fitur standar seluruh perangkat Android dari lintas merek dan perangkat. Aplikasi yang mendukung fitur multiwindow yang semula hanya untuk aplikasi tertentu kini sudah mendukung hampir semua aplikasi yang berjalan di Android mulai dari yang bawaan hingga yang berasal dari pihak ketiga.

Tentu saja untuk mengakomodasi hal tersebut, Samsung harus mengimplementasikan perubahan antarmuka yang akan memudahkan pengguna ketika ingin menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Selain membagi layar menjadi dua, pengguna juga dapat menjalankan keduanya dengan menampilkan salah satu aplikasi dalam floating window atau jendela yang melayang.

5. Filter cahaya biru

Dengan memfilter cahaya biru pada layar, perangkat S7 atau S7 Edge milik Anda menjadi tampak lebih nyaman di mata serta mempermudah Anda untuk terlelap tidur di malam hari. Dengan warna layar yang agak menguning, mata pengguna terasa lebih nyaman saat menatap perangkat di kamar yang gelap tanpa penerangan. Anda dapat menemukan pengaturan filter cahaya biru tersebut dari area notifikasi yang ada pada bilah notifikasi. Selain mengaktifkan secara manual, Anda juga bisa menghidupkan filter tersebut dengan memasukkan jadwal waktu tertentu.

6. Penambahan opsi hemat baterai

Update Nougat pada S7 dan S7 Edge kini menambahkan opsi penghematan baterai menjadi empat yang meliputi:
a. Normal: 1080p, video enhancer on, game launcher on, game tools on
b. Game mode: 1080p, kecerahan maksimal, game launcher on, game tools on
c. Entertainment mode: 1440p, kecerahan maksimal, video enhancer on, UHQ upscaler on
d. High performance: 1440p, kecerahan maksimal

7. Cek kondisi perangkat dalam satu tempat

Samsung kini membuat satu menu baru bernama device maintenance yang merupakan wadah terintegrasi yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa baterai, performa, penyimpanan, RAM dan keamanan. Jika Anda menemui data cache yang terlalu besar, maka Anda tinggal tekan saja tombol fix untuk menghapusnya. Device Maintenance juga dapat menyarankan beberapa tindakan yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan performa perangkat seperti mematikan aplikasi yang berjalan di background.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Zarchiver, Ekstrak File Ber-Part Di Android

Klub sepakbola mulai merambah dunia Esport

Ponsel Berusia 800 Tahun ditemukan