FoodTech ZOMATO semakin Percaya diri untuk mengembangkan fitur mereka

FoodTech ZOMATO semakin Percaya diri untuk mengembangkan fitur mereka 


AGEN SABUNG AYAM TERPERCAYA - Jika beberapa foodtech (teknologi layanan kuliner) mulai tumbang, Zomato, pemain foodtech asal India ini justru makin gencar mengembangkan bisnisnya. Di Indonesia, Zomato malah agresif melipatgandakan usahanya, termasuk menghadirkan fitur sosial paling mutakhir yang bisa terhubung dengan aplikasi pihak ketiga.

“Zomato tidak hanya membantu pengguna dengan menyediakan informasi lengkap mengenai restoran, tetapi juga membantu pengguna ‘menemukan’ dan mencari restoran baru dengan fitur ‘search’ dan ‘nearby’. Pengguna juga bisa membangun jaringan pecinta kuliner terpercaya milik mereka sendiri”, ungkap Country manager Zomato, Karthik Shetty.

Lewat aplikasi sosial yang dimiliki Zomato, pengguna bisa menciptakan daftar koleksi restoran sendiri yang bisa dengan mudah dibagikan ke teman-teman melalui SMS, WhatsApp, Path, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Di Zomato, pengguna bisa memilih restoran yang ingin mereka kunjungi dan memesan Uber langsung melalui aplikasi. Inilah yang membedakan Zomato dengan kompetitor seperti Qraved dan MakanLuar. Selain itu, pengguna pun bisa menggambil foto dan mengunggahnya melalui Instagram yang secara instan akan tersingkronisasi ke akun Zomato mereka. Karthik menjelaskan bahwa integrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Uber dan Instagram ke Zomato membuat pengalaman berkuliner menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan tentunya sosial dari awal hingga akhir.

Keunggulan lain yang juga dimiliki Zomato adalah algoritma perusahaan yang menentukan popularitas restoran yang ada di platform Zomato. Algoritma ini tidak hanya mengkalkulasi rating restoran berdasarkan perhitungan rata-rata sederhana dari rating yang diberikan pengguna. Rating yang diberikan pengguna memiliki bobot yang berbeda tergantung kredibilitas pengguna dari Zomato tersebut.

Dalam hal trafik saat ini, Karthik mengatakan bahwa di Jakarta dan Bali Zomato telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna yang unik, dengan trafik bulanan mencapai 6 juta kunjungan untuk Jakarta saja. Pengguna lokal biasanya mencari rata-rata sembilan hingga sepuluh laman dalam sekali kunjungan dengan durasi empat menit per sesi. Hingga kini, situs dan aplikasi Zomato memiliki informasi mendetil dari 30.000 restoran lebih di Indonesia, dan Zomato tidak mengijinkan restoran membayar untuk mengubah hasil pencarian organik, rating, atau ulasan yang mereka terima dalam Zomato.

Zomato juga mengklaim telah mencapai titik break even di awal tahun, dan telah mendapatkan investasi lebih dari USD225 juta dari berbagai investor termasuk Sequoia Capital, Temasek Holdings, Vy Capital, dan Info Edge India.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Zarchiver, Ekstrak File Ber-Part Di Android

Klub sepakbola mulai merambah dunia Esport

Ponsel Berusia 800 Tahun ditemukan