Sertifikasi IP Pada Handphone

Sertifikasi IP Pada Handphone Tau kah anda Artinya?



 AGEN BOLA TERBESAR - Buat Anda pengguna smartphone atau gadget, pasti pernah melihat atau mendengar istilah sertifikasi IP. Biasanya IP diikuti dengan sejumlah angka tertentu, misalnya IP57. Mengambil contoh smartphone Sony Xperia Z yang menyertakan sertifikasi IP57. Apa itu IP57? Ternyata IP57 tersebut artinya perangkat memiliki perlindungan saat tenggelam kedalam air (1 meter) selama 30 menit, juga perlindungan terhadap debu (dalam batas wajar selama debu tidak masuk ke dalam komponen). Mau tau lebih jelas, makna ragam sertifikasi yang ada? berikut sedikit penjelasannya.
 
Sebenarnya tidak hanya smartphone atau gadget (smartband misalnya) yang menyertakan sertifikasi IP tertentu. Kode IP ini terkadang ditemukan pada alat-alat untuk project ME (Mechanical – Electrical), yang biasanya berhubungan dengan arus listrik, mesin dan elektronik, dimana alat-alat dan produk elektronik seperti ini sangatlah rentan apabila sampai terkena intervensi dari partikel/media lain (seperti angin, debu, listrik yang lebih kuat, minyak dan terutama air). 
 
Seperti yang diketahui, apabila komponen mesin atau perangkat elektronik sampai terkena kontak dengan partikel tertentu (seperti angin, debu, listrik yang lebih kuat, minyak dan terutama air), produk atau perangkat elektronik  tersebut dapat mengalami gangguan dalam operasionalnya, bahkan mati, tidak berfungsi dan rusak total.
 
Additional Letter
 
Nah, kode sertifikasi IP (IP57 dan seterusnya) ini merupakan sebuah kode yang melambangkan kekuatan sebuah produk atau perangkat elektronik tersebut terhadap intervensi dari partikel lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya. 
 
IP adalah singkatan dari Ingress Protection (marking), atau International Protection (marking). Ini merupakan standar yang dibuat oleh badan IEC (International Electrotechnical Commission) dengan nama IEC Standard 529/60529. Standar ini tidak asal disertifikasi oleh produsen smartphone dan gadget itu sendiri, tetapi harus di uji sertifikasi oleh badan tertentu yang menurut IEC dipandang layak dan pantas mengesahkan. Ini erat kaitannya dengan Quality Control (kontrol kualitas). 
 
Perlindungan komponen penting dalam ruang (misalnya optik kamera dan chipset) terhadap masuknya kotoran atau terhadap masuknya air didefinisikan dalam IEC529 (BSEN60529: 1991). Semua metode perlindungan kemudian didefinisikan sebagai standar, dan berikutnya berlabel ‘sertifikasi’ (certified).
 
Makna IP
 
Standar dengan label sertifikasi ini diperuntukkan untuk bidang rekayasa teknik, umumnya perusahaan pembuat produk elektrikal, elektronika, mesin dan lain-lain yang secara sengaja di desain menggunakan perlindungan dari benda padat dan cair. Semua perusahaan ini harus mengikuti aturan yang ada di IEC 529. Standar ini juga ditemukan di perusahaan yang membuat perangkat elektronik mobile, khususnya smartphone dan tablet. 
 
IP Ratings Images Data 2016 September Thumb Other400 0
 
Standar penulisan yang menunjukkan adanya perlindungan, paling sering dinyatakan sebagai ‘IP’ diikuti oleh dua angka IPxx, misalnya IP57, di mana angka-angka menentukan tingkat perlindungan. Digit pertama menunjukkan sejauh mana peralatan dilindungi terhadap partikel, angka kedua menunjukkan tingkat perlindungan terhadap air.
 
Jadi, kode IP atau Ingress Protection biasanya terdiri dari 2 buah angka, misalnya IP66 – IP67 – IP68. Kode angka di depan (sampai saat ini) memiliki kisaran angka antara 0 s/d 6, sedangkan kode angka di belakang (sampai saat ini) memiliki kisaran angka antara 0 s/d 8.
 
Iprating Chart
 
Arti kode angka yang di depan adalah:
  • 0 artinya tidak ada perlindungan apapun terhadap intervensi aliran listrik
  • 1 artinya perlindungan terhadap benda berukuran besar dengan ukuran >50 mm, seperti tangan manusia.
  • 2 artinya perlindungan terhadap benda berukuran sedang dari benda sedang dengan ukuran >12,5 mm, seperti jari manusia.
  • 3 artinya perlindungan terhadap benda berukuran kecil dengan ukuran >2,5 mm, seperti obeng, kabel listrik tebal.
  • 4 artinya perlindungan terhadap benda berukuran sangat kecil dengan ukuran >1 mm, seperti sekrup, baut dan kabel.
  • 5 artinya perlindungan terhadap debu dan kontak langsung. Pada tingkatan ini debu masih dapat masuk namun masih dalam batas normal dan tidak mengganggu pengoperasian alat elektronik.
  • 6 artinya perlindungan secara total dan menyeluruh terhadap masuknya debu dan perlindungan total terhadap kontak langsung.
 
Sedangkan kode angka di belakang menunjukan seberapa besar perlindungan alat elektronika terhadap intervensi ‘air’ yang dapat melumpuhkan alat-alat secara menyeluruh.
 
  • 0 artinya zero water ressist
  • 1 artinya perlindungan terhadap air yang menetes dan jatuh langsung secara vertikal.
  • 2 artinya perlindungan terhadap air yang menetes dan jatuh langsung dari arah kemiringan 15°.
  • 3 artinya perlindungan terhadap siraman air yang jatuh dari arah kemiringan 60°.
  • 4 artinya perlindungan terhadap siraman air dari segala arah.
  • 5 artinya perlindungan terhadap air bertekanan rendah dari segala arah, seperti air yang disemprot dari pipa air/keran.
  • 6 artinya perlindungan terhadap air bertekanan tinggi dari segala arah, seperti air yang disemprot dari water jet.
  • 7 artinya perlindungan bawah air (submerge) dengan kedalaman air dari 15 cm hingga 1 m.
  • 8 artinya perlindungan bawah air (submerge) dengan kedalaman air hingga 2m.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Zarchiver, Ekstrak File Ber-Part Di Android

Klub sepakbola mulai merambah dunia Esport

OS Funtouch 3.0 ada di Vivo X9 benar kah?