Kuota Internet di Smartphone cepat habis?ini tips nya

10 Tips Menghemat Kuota Internet di Smartphone


AGEN SABUNG AYAM TERPERCAYA - Memiliki paket data untuk smartphone tentu merupakan keharusan agar ponsel yang Anda gunakan dapat berfungsi dengan optimal. Ponsel pintar tanpa koneksi internet tentu jadi tak ada bedanya dengan ponsel fitur yang hanya dapat digunakan untuk berkirim SMS dan bertelepon.
Harga paket data yang kian menanjak tentu harus jadi perhatian pengguna supaya ponsel mereka dapat terus terhubung ke internet tanpa harus merogoh kecek dalam-dalam. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan tentu saja dengan mengurangi pemakaian data.
Simak tipsnya dalam tulisan berikut:

1.Aktifkan fitur penghemat data di Chrome
Anda dapat mengaktifkan fitur penghemat data dengan cara masuk ke pengaturan dan geser data saver ke posisi ON. Ketika data saver menyala, seluruh halaman yang Anda jelajahi dari Chrome akan dikompresi dulu oleh server Google sebelum dikirimkan ke perangkat Anda.
2.Gunakan OperaMax


Jika Anda ingin menghemat keseluruhan data yang Anda gunakan baik saat browsing atau streaming, maka OperaMax adalah jawabannya. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengalihkan lalu lintas data ke server opera untuk kemudian dikompresikan sebelum dapat Anda nikmati dari perangkat Anda. Opera mengklaim dapat mengompresi data sehingga sanggup menghemat pemakaian hingga 50%.

3.Ganti Aplikasi Sosial Media


Hapus aplikasi Facebook, Twitter atau sosial media Anda dan ganti dengan Hermit. Dengan Hermit, pengguna bisa menghemat pemakaian data serta membuat kinerja perangkat Anda jadi lebih ringan. Untuk keterangan lebih lengkap silaka simak tulisan Aplikasi Android Ringan untuk Pengguna Aktif Sosial Media di Google 

4.Batasi Pemakaian data latar belakang


Centang kotak disebelah tulisan restrict background data yang ada di pengaturan perangkat Anda. Anda juga bisa mencegah pemakaian data latar belakang dengan cara menonaktifkan sinkronisasi akun pada pengaturan akun ponsel. Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Gmail, maka Anda dapat menonaktifkan beberapa item sinkronisasi yang tidak Anda butuhkan.

5.Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi




Nonaktifkan update otomatis aplikasi pada Play Store dengan masuk ke pengaturan dan pilih Auto-update apps over Wi-Fi Only atau Do not Auto-update app.

6.Hapus aplikasi yang menguras data


Awasi penggunaan data masing-masing aplikasi dengan cara masuk ke pengaturan-> penggunaan data lalu gulirkan layar kebawah. Disana Anda bisa melihat aplikasi mana saja yang menyedot data mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil.

7.Nonaktifkan download media secara otomatis


Jika Anda menggunakan WhatsApp dan Line, maka Anda dapat mengatur agar video dan gambar yang Anda terima dari teman Anda tidak langsung diunduh secara otomatis. Pada WhatsApp, Anda dapat mengaturnya dengan masuk ke setting->penggunaan data. Sementara pada Line, dari settings Anda tinggal masuk ke foto dan video. Anda bisa memilih agar pengunduhan dilakukan hanya melalui Wi-Fi atau bahkan hanya secara manual.

8.Gunakan sebanyak mungkin aplikasi offline




Anda bisa menggunakan aplikasi yang tidak membutuhkan koneksi internet sehingga Anda dapat mengunduh data yang diperlukan hanya pada saat perangkat terhubung dengan Wi-Fi. 

9.Simpan Halaman untuk dibaca nanti


Anda bisa menggunakan Pocket untuk menyimpan halaman menarik yang Anda temui saat menjelajah dunia maya. Dengan menyimpan halaman saat perangkat sedang terhubung ke Wi-Fi, maka Anda dapat membukanya kembali nanti ketika sampai di rumah atau saat tidak lagi terhubung ke jaringan Wi-Fi.

10.Matikan data di malam hari



Agar Anda dapat menghemat pemakaian data, maka matikan saja koneksi data Anda saat sedang tidak digunakan seperti pada saat akan istirahat di malam hari.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Zarchiver, Ekstrak File Ber-Part Di Android

Klub sepakbola mulai merambah dunia Esport

Ponsel Berusia 800 Tahun ditemukan